11 Februari 2018

BitLocker, Fasilitas Pengunci Drive Pada Media Penyimpanan Internal Maupun Eksternal Bawaan Windows Yang Jarang Dimanfaatkan

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 11 Feb 2015 | Disadari atau tidak penggunaan USB flash drive sekarang ini sudah sedemikian umumnya. Media penyimpanan berukuran mini ini mampu menyimpan data dengan kapasitas sampai ribuan kali dari FD (floppy disk) yang merupakan media penyimpanan ekternal yang lebih dahulu populer.

Keuntungan membawa file dalam media eksternal ini adalah bahwa, user dapat dengan mudah membawa pekerjaan dari satu tempat ke tempat lainnya, misalnya dari kantor A ke kantor B, atau dari kantor ke rumah atau sebaliknya. Kerugiannya adalah, apabila tanpa sengaja media penyimpanan eksternal ini jatuh ke tangan orang yang berniat jahat, bisa jadi data penting atau data rahasia yang tersimpan didalamnya disalah-gunakan.



Beruntunglah Microsoft tampaknya tahu benar pentingnya aspek keamanan pada data yang tersimpan pada media penyimpanan, maka disiapkanlah aplikasi yang sudah menyatu (bundled) dengan OS Windows 10. Aplikasi ini adalah BITLOCKER.

Penggunaan aplikasi ini juga mudah, ikuti langkah-langkah bergambar berikut ini untuk mengaktifkan BitLocker:









Pada contoh diatas BitLocker digunakan untuk mengunci drive F:, dalam prakteknya, BitLocker dapat digunakan untuk mengunci drive yang mana saja, sesuai dengan kebutuhan user.
Selamat mencoba .. have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar