Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Integrated Circuit (IC) Itu?

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 30 Apr 2018 | IC (Integrated Circuit) adalah komponen semikonduktor yang didalamnya terkandung banyak komponen, yang dibuat menjadi sebuah komponen yang kompak.

Lahirnya IC membuat para pelaku industri manufaktur maupun para praktisi elektronika bisa membuat rangkaian dengan hanya menggunakan sedikit komponen.

IC dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu:

1. IC analog
2. IC digital
3. IC sensor

IC analog adalah IC yang bekerja dengan input dan output analog, artinya bekerja dengan tegangan input dan output yang bervariasi.
Sebaliknya IC digital  adalah IC yang bekerja dengan input dan output digital, artinya bekerja dengan tegangan input dan output yang minimum (=0V atau setidaknya mendekati 0V)dan maksimum (=Vcc atau setidaknya mendekati Vcc) saja. Tegangan minimum mewakii logika 0 dan tegangan maksimum mewakili logika 1.

IC sensor adalah IC yang didalamnya terdapat komponen yang peka terhadap perubahan lingkungan, sehingga berfungsi sebagai sensor. Misalnya IC sensor cahaya, IC sensor temperatur, IC sensor magnetik, IC sensor induksi, IC sensor ultrasonik, dan lain sebagainya.

IC sesungguhnya teknologi yang sudah mulai dikembangkan sekitar tahun 1950 oleh  Jack Kilby, ilmuwan dari perusahaan Texas Instruments USA, dan Robert Noyce, ilmuwan dari perusahaan Fairchild Semiconductor USA. Keduanya bekerja sama dan kemudian juga berlomba menciptakan sebuah komponen yang didalamnya sudah terintegrasi kumpulan dari puluhan komponen.

Sejak saat itu IC terus dikembangkan oleh berbagai perusahaan elektronik. Didalam sebuah IC modern saat ini bisa terdapat sampai ratusan ribu komponen, tentunya hal ini dapat menghemat alokasi ruang, waktu perakitan dan terutama biaya pembuatan sebuah peralatan elektronika. IC disebut juga sebagai CHIP dan IC yang berukuran kecil seringkali disebut sebagai MIKROCHIP.

Contoh rangkaian amplifier sederhana dengan menggunakan 1 IC saja:

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah sekelumit penjelasan tentang IC, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian, selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)


www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Apakah Integrated Circuit (IC) Itu?"