04 Agustus 2018

Inilah Rangkaian Astable Multivibrator Yang Dapat Digunakan Sebagai Sumber Dari Sinyal Clock Untuk Rangkaian Digital Counter Atau Mikroprosesor

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 4 Ags 2018 | Rangkaian Digital Counter (Penghitung), dan juga IC Mikroprosesor (Microprocessor), membutuhkan sinyal clock untuk dapat bekerja.

Rangkaian counter tidak akan melakukan penghitungan bila tidak ada sinyal clock dan IC mikrokontroler tidak akan menjalankan instruksi demi instruksi bila tidak ada sinyal clock.

Berikut ini adalah rangkaian Astable Multivibrator berbasis transistor. Biasanya sebagai komponen untuk menetapkan frekuensi outputnya digunakan komponen kombinasi R dan C.

Rangkaian ini memberikan alternatif yang sedikit berbeda dengan menempatkan kristal sebagai komponen untuk menetapkan frekuensi output.

Rangkaian ini akan menghasilkan frekuensi yang besarnya adalah 3x lipat dari frekuensi kristal yang dipasang pada rangkaian. Berikut ini rangkaian selengkapnya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian Astable Multivibrator yang dilengkapi dengan kristal sebagai komponen untuk pengaturan frekuensi outputnya. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar