15 Agustus 2018

Rangkaian Power Supply Dengan Stabilisator IC 78XX Yang Arus Output-nya Diperkuat Dengan Transistor (2)

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 15 Ags 2018 | Pada artikel sehari sebelum ini, Niguru.com sudah membahas rangkaian power supply dengan stabilisator IC 78XX yang arus outputnya diperkuat dengan transistor agar dapat memberikan supply arus yang lebih besar daripada batas arus maksimum IC 78XX.

Bila pada artikel sebelumnya posisi koneksi transistor masih mirip seperti pada power supply yang masih menggunakan dioda zener sebagai stabilisatornya, maka rangkaian kali ini dibuat lebih baik lagi, yaitu dengan menggunakan metode yang benar-benar hanya menguatkan arusnya saja.



Dengan cara berikut ini pada saat arus masih cukup rendah (dibawah 500 mA) maka transistor penguat arus belum bekerja. Bila beban yang dipasang pada output power supply cukup besar, maka barulah transistor bekerja, besarnya tegangan output tetap ditentukan oleh IC 78XX.

Berikuti ini rangkaian dan penjelasannya:


www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah rangkaian dan penjelasan mengenai rangkaian power supply dengan IC 78XX yang diperkuat arus outputnya dengan transistor. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar