24 September 2018

Automatic Shut Off Baterry Charger, Alat Pengisi Ulang Baterai Yang Dapat Menghentikan Pengisiannya Setelah Baterai Terisi Penuh

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 24 Sep 2018 | Dalam dunia industri banyak peralatan yang sengaja dibuat dengan power supply dari baterai (accu /aki), biasanya digunakan untuk peralatan yang bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya, sehingga pemberian tegangan dari rangkaian yang terhubung dengan kabel tidak memungkinkan.

Dengan adanya baterai, maka tentu diperlukan juga alat yang dapat melakukan “charge” (isi ulang) baterai tersebut saat muatan listriknya sudah sangat kurang, sehingga tidak cukup untuk memberikan daya listrik pada rangkaian yang disuport.



Kali ini Niguru.com akan menyajikan rangkaian pengisi baterai 12V yang dapat menghentikan pengisiannya secara otomatis setelah baterai terisi penuh.
Terdapat 3 buah transistor yang 2 diantaranya untuk menyalurkan arus pengisian bagi baterai, sedangkan satu transistor lainnya untuk melakukan setting penentuan batas terendah dari tegangan baterai, agar arus pengisian mulai diberikan.

Sebuah OpAmp berfungsi sebagai pembanding, digunakan untuk menghentikan transistor pengisian, sehingga arus pengisian pada baterai terhenti saat baterai sudah terisi penuh.
Berikut ini rangkaian selengkapnya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian pengisi baterai yang dapat menghentikan arus pengisiannya secara otomatis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar