02 September 2018

Beginilah Cara Untuk Menghasilkan Tegangan DC Simetrikal Dari Sebuah Trafo Lilitan Tunggal

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 2 Sep 2018 | Beberapa rangkaian elektronika membutuhkan suplai tegangan DC yang simetrikal, yang terdiri dari (+), (0) dan (-), untuk dapat bekerja dengan baik. Seperti misalnya rangkaian yang diperkuat oleh IC OpAmp, atau rangkaian amplifier transistor dengan output simetris, dan rangkaian lain yang sejenis.

Ada beberapa user yang dalam merakit rangkaian lebih suka memanfaatkan komponen yang sudah tersedia, seperti misalnya untuk merangkai Power Supply simetris yang seharusnya memerlukan trafo lilitan ganda (trafo dengan Center Tap), dengan menggunakan trafo lilitan tunggal yang sudah tersedia.



Solusi berikut ini dapat digunakan untuk merangkai sebuah rangkaian yang menghasilkan tegangan DC simetrikal dari trafo lilitan tunggal, atau dari sumber AC lainnya yang non-simetris, misalnya saja dinamo sepeda, atau sumber AC dari kendaraan bermotor.

Berikut ini rangkaian selengkapnya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian selengkapnya, penghasil tegangan DC dari sumber tegangan AC yang tunggal. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar