Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IC CD4026, Didalamnya Sudah Terdapat Rangkaian BCD Counter Sekaligus Seven Segment Display Decoder.

www.niguru.com
Niguru.com | Selasa, 25 Sep 2018 | Dalam perancangan rangkaian sistem pengendali (control system) seringkali dibutuhkan rangkaian counter dan juga rangkaian yang berfungsi untuk menampilkan hasil perhitungan pada display (tampilan).

IC CD4026 adalah jawaban untuk kebutuhan user akan sebuah IC yang dapat melakukan penghitungan sekaligus juga menyediakan decoder seven segment, tanpa perlu menambahkan lagi IC lain. Didalam IC CD4026 terdapat sebuah BCD counter, yaitu rangkaian counter yang menghitung dari 0 sampai 9 (= modulo 10).



Display decoder dari CD4026 dibuat untuk mengendalikan langsung seven segment Common Cathode. Terdapat pula fasilitas clock in dan carry out untuk membuat beberapa IC 4026 dapat dirangkai membentuk counter yang lebih dari satu digit.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai IC CD4026:


www,niguru.com

www,niguru.com


Demikianlah penjelasan mengenai IC CD4026, yang berisi BCD counter dan sekaligus seven segment decoder. Semoga penjelasan dalam artikel ini dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "IC CD4026, Didalamnya Sudah Terdapat Rangkaian BCD Counter Sekaligus Seven Segment Display Decoder."