30 September 2018

PWM Power Amplifier, Sebuah Audio Amplifier Yang Memanfaatkan Komponen Digital Sebagai Bagian Dari Rangkaian Penguatannya

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 30 Sep 2018 | Tidak seperti rangkaian audio amplifier pada umumnya, rangkaian yang ditampilkan pada artikel kali ini menggunakan pendekatan yang sedikit unik, yaitu memanfaatkan IC Digital sebagai bagian dari pengolahan sinyal audio yang akan dikuatkan.

IC digital yang dipergunakan adalah IC CMOS dengan tipe CD40106, yang merupakan IC gerbang NOT /inverter jenis schmitt trigger. 6 buah gerbang NOT yang berada didalam CD40106 diparalel dan dimanfaatkan untuk mengubah sinyal analog menjadi denyut pulsa.



Lebar pulsa akan berbanding lurus dengan tingginya amplitudo sinyal yang masuk pada input inverter. Karena sifat dari schmitt trigger yang akan mengubah input analog menjadi tegangan dengan level digital yang mendekati ideal, maka selama sinyal yang masuk masih dianggap masuk pada level “1” maka output akan selalu “0”.

Sebaliknya selama sinyal masuk masih dianggap belum mencapai level “1” maka output akan selalu “1”. Dengan demikian maka akan tercipta pulsa dengan lebar denyut yang berbanding lurus dengan tingginya amplitudo sinyal input. Mirip bentuk dari denyut PWM (Pulse Width Modulation).

OpAmp CA3130 akan mendapat sinyal masuk yang sudah menumpang pada bias DC yang didapatkan dari sebuah R yang dihubungkan ke tegangan positif (R3), sehingga sinyal hanya akan naik dan turun tetap pada fasa positif saja.
Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada skema berikut ini:


www.niguru.com


Demikianlah skema lengkap dari rangkaian Power Amplifier PWM. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...