15 Desember 2018

Penjelasan Seputar Komunikasi Data Serial, Komunikasi Data Paling Populer Dalam Dunia Otomasi – Part 3 – Flowchart Pemrograman Serial, Dan Contohnya Dalam Pascal

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 15 Des 2018 | Posting ini melanjutkan 2 posting sebelumnya yang membahas komunikasi serial. Harapan penulis agar pembaca mendapatkan gambaran yang lebih jelas seputar komunikasi data serial.

Posting ini dibuat oleh penulis karena banyaknya pertanyaan dari para siswa seputar komunikasi serial pada saat mengajar di kelas. Sehingga harapan penulis dengan hadirnya posting ini para instruktur /pengajar dapat mempergunakan posting ini sebagai salah satu referensi.



Pada posting kali ini Niguru.com akan menyajikan flowchart untuk memprogram serial dan menggambarkan secara paling mendasar langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengirim atau menerima data serial, tanpa perlu “library” pendukung apapun.

Karenanya disini penulis menggunakan bahasa pemrograman Pascal untuk menggambarkan koneksinya, karena paling sederhana dan perintah I/O nya lebih lengkap dibandingkan bahasa pemrograman yang lebih baru. Sehingga Pascal cocok digunakan untuk memberikan gambaran langkah-langkah pemrograman yang mendasar.

Berikut ini penjelasan selengkapnya:


www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah penjelasan selengkapnya mengenai flowchart pemrograman serial. Semoga posting ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar