16 Maret 2019

10 Alasan Untuk Beralih Dari Visual Basic Ke Microsoft Access

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 16 Mar 2019 | Para programmer VB (Visual Basic) banyak yang enggan untuk melakukan "migrasi" ke MS (Microsoft) Access karena mendapatkan informasi yang keliru mengenai MS Access.

Banyak programmer mengira bahwa kecepatan dan kinerja MS Access tidak sebaik VB. Padahal faktor yang mempengaruhi kecepatan kerja program lebih banyak ditentukan pada teknik pemrograman, terutama pada teknik normalisasi tabel.



Kemudian juga ada yang beranggapan bahwa aplikasi yang dibuat dengan MS Access hanya bisa dijalankan pada komputer yang memiliki aplikasi MS Access juga. Padahal sudah sejak lama Microsoft meluncurkan aplikasi RUNTIME yang dapat di-download secara gratis pada website resmi Microsoft.

Kegunaan Runtime adalah untuk menjalankan file MS Access yang berekstensi (extension) .MDB, pada komputer yang tidak memiliki aplikasi MS Access (yang biasanya tersedia bersamaan dengan satu bundel aplikasi MS Office).

Berikut ini 10 alasan mengapa beralih ke MS Access:
  1. Apa yang dapat dibuat dengan VB, 99% dapat dibuat dengan MS Access
  2. File hasil MS Access dapat dijalankan pada komputer yang tidak memiliki aplikasi MS Access, dengan meng-install aplikasi Runtime
  3. MS Access dapat digunakan sebagai database, sudah memiliki tabel yang menyatu dengan aplikasi
  4. MS Access memiliki fasilitas report yang sudah menyatu dengan aplikasi
  5. Saat Microsoft meluncurkan versi MS Access yang lebih baru (biasanya bersamaan dengan aplikasi MS Office lainnya), maka pengguna file hasil olah MS Access juga dapat menikmati perubahan interface dan penambahan fasilitas dari versi baru tersebut.
  6. Lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan VB yang sebenarnya juga sudah merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah. MS Access justru lebih mudah lagi untuk dipelajari.
  7. Karena masih satu keluarga dengan MS Office maka ada beberapa komponen yang dapat dengan mudah saling di-copy paste antara MS Access dan aplikasi MS Office lainnya seperti MS Excel, MS Word, dan lain sebagainya.
  8. Mirip dengan penjelasan point (7). Karena masih satu keluarga dengan MS Office maka ada beberapa komponen yang dapat dengan mudah saling terkoneksi (linking) antara MS Access dan aplikasi MS Office lainnya seperti MS Excel, MS Word, dan lain sebagainya.
  9. MS Access juga lebih mudah untuk diprogram. Membuat form, yang merupakan interface antara user dengan program, lebih mudah dibuat dengan MS Access dibandingkan dengan membuat form dengan VB.
  10. Mirip dengan penjelasan point (9). Kemudahan ini juga berlaku untuk pembuatan dan penulisan perintah QUERY. Pada MS Access terdapat fasilitas untuk mempermudah user dalam membuat dan menuliskan perintah query, bahkan user dapat langsung melihat hasil query-nya dalam bentuk tabel.


Dan masih banyak lagi alasan lainnya, setidaknya 10 alasan diatas adalah alasan utama mengapa sebaiknya bermigrasi ke MS Access.
Semoga posting kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar