22 Maret 2019

Lakukan Deklarasi Variabel Secara Eksplisit Untuk Mendapatkan Kinerja Optimal (Untuk Pengguna Visual Basic dan .NET)

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 22 Mar 2019 | Pada posting sehari sebelumnya Niguru.com sudah menjelaskan mengenai aturan untuk membuat variabel pada program yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.

Salah satu keuntungan dari pemrograman dengan menggunakan Visual Basic adalah fasilitas untuk menggunakan variabel tanpa harus melakukan deklarasi. Jadi bila dalam instruksinya seorang programmer menuliskan:
A = 12 * B + C , tanpa sebelumnya mendeklarasikan A, B, maupun C, tetap akan diterima oleh Visual Basic.



Meski lebih mudah menggunakan variabel tanpa deklarasi, namun ada beberapa kerugian menggunakan variabel begitu saja tanpa deklarasi, yaitu:

  1. Ini akan mengurangi kecepatan dan efisiensi program karena sebagai compiler, Visual Basic tidak tahu sebelumnya variabel mana yang digunakan dalam program dan apa tipe data dari variabel-variabel tersebut. Compiler akan mengalokasikan memori dalam ukuran besar pada setiap variabel baru.
  2. Kesalahan pengetikan tidak dapat dideteksi bila menggunakan teknik semacam ini, karena jika programmer membuat kesalahan pengetikan saat menulis nama variabel, compiler bukannya mendeteksi adanya kesalahan, namun malah akan membuat variabel baru.
  3. Secara default tipe data dari variabel yang dideklarasikan menggunakan teknik ini adalah VARIANT, yaitu objek yang menempati lebih banyak memori dibandingkan dengan tipe data lainnya, yaitu 16 byte ruang memori bila vaiabel ini diisi dengan angka, namun akan menjadi sebesar 22 byte plus 1 byte lagi ruang memori per karakter bila diisi selain angka.
  4. Terkait dengan point (3), waktu untuk melakukan deteksi apakah variabel akan diisi angka atau diisi selain angka akan menurunkan kecepatan kinerja CPU plus untuk pekerjaan tersebut akan ada lagi ruang memori yang tersita.


Untuk memastikan Visual Basic melakukan deklarasi secara eksplisit, maka diawal program tambahkan sebaris instruksi:
Option Explicit

Untuk pengguna .NET dapat melalukan pengaturan lewat menu option, dan memilih option explicit = ON, sehingga tidak perlu lagi menuliskan instruksi Option Explicit diawal penulisan kode program.

Deklarasi secara eksplisit dalam Visual Basic ditulis dengan pernyataan DIM dan diikuti dengan nama variabel dan tipe datanya, misal:

Dim NamaPegawai As String
Dim KodePos As Integer
Dim TanggalMasuk As Date
Dim Syarat As Boolean

Semoga posting ini dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)


www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar