31 Maret 2019

Menghubungkan USB External Serial Port Pada Virtual Computer

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 31 Mar 2019 | Laptop maupun netbook generasi baru biasanya sudah tidak lagi dilengkapi dengan serial port (RS-232), yang pada komputer generasi lama biasanya digunakan untuk mengendalikan printer atau sebagai jalur input untuk mouse.

Namun bagi para praktisi rangkaian sistem pengendalian (control system) port serial sangat diperlukan sebagai interface antara komputer dengan peralatan kontrol atau sebagai media untuk melakukan upload program ke control device seperti mikrokontroler atau PLC.



Sebagai jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan akan serial port, user biasanya menggunakan USB to serial device. Setelah driver dari peralatan USB to serial di-install, maka saat peralatan tersebut terhubung ke USB komputer akan mengenali sebagai serial port, dengan nomor COM yang biasanya adalah 3 sebagai defaultnya.

Untuk virtual computer yang dibuat dengan menggunakan Oracle Virtual Box, USB tidak akan langsung muncul pada virtual computer. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memunculkan serial port pada virtual computer:


www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah langkah-langkah untuk memunculkan serial port yang berasal dari external serial port device, pada virtual computer. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...