26 April 2019

4 Langkah Untuk Membuat File .EXE Yang Dapat Melakukan Auto Decompress Dan Autorun

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 26 Apr 2019 | Beberapa aplikasi berukuran kecil biasanya dapat bekerja tanpa perlu di-install oleh user-nya, sehingga dapat bekerja secara portable. Untuk aplikasi yang tidak dilengkapi dengan file pendukung pada saat running, maka aplikasi tersebut hanya terdiri dari 1 (satu) file saja.

Untuk aplikasi yang dilengkapi dengan banyak file pendukung, biasanya dalam folder dimana aplikasi tersebut berada akan terdapat banyak file. Berikut ini Niguru.com akan menjelaskan trik untuk membuat aplikasi dengan banyak file tersebut menjadi aplikasi dengan 1 (satu) file saja.


Aplikasi yang terdiri dari satu file ini praktis untuk dibagikan pada user lain dan juga praktis pada saat disimpan.
Meski secara teori berapapun besarnya ukuran total dari sejumlah file pada aplikasi akan dapat disatukan dalam sebuah file .EXE, namun idealnya file tersebut kurang dari 10MB atau bahkan lebih ideal apabila ukuran total file kurang dari 5MB.

Berikut ini cara untuk merangkum sejumlah file pada aplikasi menjadi 1 file saja:

Sebagai contoh Niguru.com akan menggunakan aplikasi Microsoft Photo Editor (MSPE) sebagai materi uji coba, aplikasi ini hanya terdiri dari 3 file, dan ukuran total dari kesemua file hanya 863KB saja.
  1. Create SFX archive
  2. SFX options
  3. Unpack to temporary folder
  4. OK

Hasilnya sebuah aplikasi baru dan bila semula terdiri dari beberapa file, kini cukup hanya sebuah file saja.
Perhatikan pada cuplikan gambar berikut ini:

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

Demikianlah cara untuk merangkum sejumlah file pada aplikasi menjadi 1 file saja, sehingga praktis dan hemat tempat. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...