04 April 2019

Membuat Signal Amplifier Untuk RS-232 Dengan Menggunakan IC MAX232 (Include PCB)

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 4 Apr 2019 | Transmisi data secara serial merupakan transmisi data yang paling populer untuk suatu koneksi dengan jarak antar station berjauhan (beberapa meter hingga ratusan meter).

Salah satu terminal serial yang banyak dipakai untuk komunikasi serial adalah RS-232. Hal ini dikarenakan port RS-232 menjadi standar dari port serial untuk komputer /PC.

Dalam lingkungan standar, dan kabel yang tidak tergabung dengan kabel lainnya, kabel penyambung antar port RS-232 maksimum adalah 100 meter.


Namun pada lingkungan dengan noise (gangguan sinyal) tinggi kabel harus lebih pendek. Dan untuk memperkuat sinyal yang ditransfer, untuk jarak yang jauh sebaiknya kabel dibagi dua dan dipasang RS-232 amplifier diantara sambungan kabel (diakhir kabel pertama, sebelum kabel berikutnya).

RS-232 amplifier juga diperlukan untuk rangkaian yang saat beroperasi secara serial, ternyata memiliki performa yang labil, karena ada beberapa perangkat dan juga komputer yang menggunakan sepasang transistor plus sumber daya 5V sebagai interface untuk RS-232, biasanya rangkaian ini memang kurang cocok untuk koneksi dengan kabel panjang, karena tegangan output maksimumnya hanya 5V saja.

Note: lihat pada http://www.niguru.com/2019/01/rangkaian-untuk-mengkonversi-level.html

Level RS-232 idealnya adalah +25V dan -25V, sehingga secara peak to peak mencapai 50V.
Berikut ini rangkaian penguat RS-232:

www.niguru.com


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian RS-232 amplifier, untuk memperbaiki kualitas transmisi serial.
File layout PCB dapat di-download di: http://onisedeo.com/2VAR
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar