20 April 2019

Penggunaan Kursor Pada Instruksi Pembukaan Recordset Pada ADODB – Part 2 (Opening Cursor Type)

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 20 Apr 2019 | Pada posting sehari sebelum ini, Niguru.com sudah menjelaskan mengenai pemanfaatan kursor pada pembukaan recordset yang menggunakan ADODB. Melanjukan penjelasan tersebut kali Niguru.com akan menjelaskan detail dari kursor yang tersedia.

Seperti dijelaskan sehari sebelumnya bahwa ada 5 tipe kursor yaitu:
1. adOpenDynamic = 2
2. adOpenForwardOnly = 0
3. adOpenKeyset = 1
4. adOpenStatic = 3
5. adOpenUnspecified = -1



adOpenDynamic:
Kursor dinamis yang dapat digunakan untuk maju dan mundur pada lokas kursor, dapat digunakan untuk melakukan delete (penghapusan), insert (penyisipan), dan update (pembaruan) yang dibuat oleh semua user yang terhubung pada database.

Setiap perubahan dan penambahan record pada database yang dilakukan oleh salah satu user akan langsung tampil pada tabel yang terhubung pada database dari user yang berbeda.

adOpenForwardOnly:
Kursor ini merupakan kursor default (pengaturan awal), sesuai dengan namanya, kursor ini hanya dapat digunakan (forward only) maju saja, kursor ini bersifat statis dan hanya dapat digunakan untuk melakukan penambahan record saja, sehingga tidak ada perubahan (editing) yang dilakukan oleh user yang terhubung pada database.

Setiap penambahan record pada database yang dilakukan oleh salah satu user tidak akan langsung tampil pada tabel yang terhubung pada database dari user yang berbeda.
Data yang sudah ditambahkan oleh user lain baru ditampilkan pada saat terjadi koneksi ulang pada recordset yang bersangkutan.

adOpenKeyset:
Kursor keyset memungkinkan seorang user untuk melihat perubahan yang baru dibuat oleh user lain, tetapi kursor tipe ini tidak menampilkan record baru yang ditambahkan oleh user lain sebelum restart. Jadi kursor ini mirip seperti kursor dinamis untuk penggunaannya, perbedaannya adalah pada fasilitas untuk menampilkan record baru dari user lain tersebut.

adOpenStatic:
Kursor statis memungkinkan user untuk melihat secara forward maupun reverse (maju atau mundur) dari satu record ke record lainnya, dan seperti tipe yang dinamik kursor ini memperbolehkan 1 user saja untuk melakukan manipulasi data pada database, namun user lain tidak dapat melakukan perubahan pada record, sampai user yang terhubung sudah memutuskan koneksi.

adOpenUnspecified:
Kursor ini tidak memiliki definisi apapun

Demikianlah penjelasan mengenai tipe kursor yang digunakan untuk melakukan pembukaan recordset.
Semoga penjelasan pada posting kali ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca sekalian.

Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar