28 April 2019

Perbedaan Mengaktifkan Dan Me-NonAktifkan Timer Antara Visual Basic Dan Microsoft Access

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 28 Apr 2019 | Fungsi Timer adalah fungsi yang seringkali diperlukan dalam pembuatan aplikasi baik menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic ataupun Microsoft Access.

Saat berjalan dalam aplikasi seringkali diperlukan instruksi untuk mengatur aktifasi Timer. Sehingga user dapat mengendalikan Timer tersebut aktif atau nonaktif.


Berikut ini perbedaan instruksi untuk mengatur aktifasi Timer pada VB (Visual Basic) dan MS (Microsoft) Access:

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


VB (Visual Basic) memiliki komponen TIMER. User dapat memasang beberapa timer sekaligus pada sebuah form. Setiap komponen timer memiliki Timer Interval pada properties-nya untuk mengatur berapa lama waktu yang diinginkan untuk setiap timer.

Timer Interval memiliki satuan waktu ms (mili second), sehingga bila user mengisikan nilai = 1000 disitu berarti mengatur waktu timer selama 1 detik (1s).
Timer pada VB memiliki nama default Timer1, Timer2, Timer3 dan seterusnya. Nama ini dapat diganti sesuai keinginan user (programmer).

Perintah untuk mengaktifkan timer pada VB adalah: [nama timer].Enabled = True
Sedangkan perintah untuk menonaktifkan timer adalah: [nama timer].Enabled = False
Contoh:

Timer1.Enabled = True
Timer2.Enabled = False

MS (Microsoft) Access tidak memiliki komponen TIMER. Timer adalah fasilitas yang melekat dengan event dari sebuah form. User yang ingin menggunakan lebih dari satu timer harus membuat beberapa form, dimana sebuah form hanya memiliki satu buah timer.

Nama timer pada form MS Access adalah Form_Timer. Nama ini juga menunjukkan bahwa fasilitas timer ini melekat dengan form. Satu form satu timer saja.
Perintah untuk mengaktifkan timer pada MS Access adalah:

Form.TimerInterval = 0

Sedangkan perintah untuk menonaktifkan timer pada MS Access adalah dengan mengisikan nilai interval pada Form_Timer dengan instruksi: Form.TimerInterval = [interval]
Contoh:

Form.TimerInterval = 200

Contoh diatas menunjukkan pengaturan waktu dari Form_Timer selama 200ms atau 1/5 detik.
Demikianlah penjelasan mengenai instruksi untuk mengatur aktifasi Timer.

Selamat mencoba .. Have a nice day :-)
www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...