Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VBA Untuk Menampilkan Kotak Pesan (Message Box) Berisi Error Yang Terjadi Selama Aplikasi Berjalan

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 27 Apr 2019 | Dalam membuat aplikasi seringkali diperlukan indikator untuk memberitahu kesalahan yang timbul pada saat aplikasi sedang berjalan. Hal ini dikarenakan aplikasi kadangkala berjalan secara keliru atau bahkan berhenti berjalan (hang), saat suatu pekerjaan berlangsung.

Bila hal tersebut terjadi, user akan dapat menemukan kesalahan dengan lebih mudah dan lebih cepat, apabila aplikasi dapat memberikan petunjuk kesalahan apa yang sedang terjadi sehingga aplikasi menjadi terganggu kinerjanya.
Kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara untuk menampilkan pesan pada layar komputer bila ada kesalahan yang terjadi.

Berikut ini kode programnya:

If Err.Description <> "" Then MsgBox Err.Description

Sebaris instruksi diatas akan menampilkan pesan di layar apabila terjadi kesalahan, dan bila tidak terjadi kesalahan maka tidak akan tampil pesan kesalahan apapun tentunya.
Tambahkan sebaris instruksi diatas pada akhir sub-program sebelum END SUB, pada program yang perlu dimonitor kesalahannya.

Demikianlah kode program untuk menampilkan pesan pada layar komputer bila ada kesalahan yang terjadi. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "VBA Untuk Menampilkan Kotak Pesan (Message Box) Berisi Error Yang Terjadi Selama Aplikasi Berjalan"