10 Juli 2019

Ladder Diagram Untuk Membuat LED Berkedip Dengan Start Dan Stop Dikendalikan Tombol

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 10 Jul 2019 | Pada posting sehari sebelum ini, Niguru.com sudah menjelaskan mengenai cara untuk membuat sebuah LED berkedip secara otomatis begitu MicroPLC mendapatkan tegangan dari power supply, tanpa membutuhkan trigger dari tombol apapun.

Kali ini Niguru.com akan menjelaskan mengenai cara untuk membuat LED pada output tersebut baru akan berkedip (tetap diatur selama 1/2 detik sekali (setiap 500 ms))  setelah sebuah tombol pada input (X1) ditekan. Jadi LED tidak akan mulai berkedip sebelum tombol pada X1 yang merupakan start ditekan.



Kedipan akan berhenti setelah sebuah tombol input lainnya (X2) ditekan. Setelah penekanan tombol X2 LED akan padam.
Seperti pada penjelasan pada posting kemarin, ada 2 cara untuk membuat LED berkedip. Pada posting kali ini Niguru.com juga menjelaskan 2 cara yang berbeda untuk membuat LED tersebut berkedip.

Untuk uji coba LD ini anda dapat menggunakan rangkaian yang menggunakan 2 buah tombol pada input, dan hanya menggunakan sebuah LED pada outputnya, seperti berikut ini:

www.niguru.com


Berikut ini LD (ladder diagram) nya, dimana cara pertama, dengan mengubah parameter, yaitu dengan mengubah cycle time menjadi 500 ms:


www.niguru.com

Cara kedua, dengan menggunakan TIMER (cycle time tetap normal = 10 ms atau pada sistem lain yang bekerja dengan kecepatan lebih tinggi juga dipekenankan untuk cara ini):


www.niguru.com

Demikianlah LD (ladder diagram) untuk membuat LED berkedip dengan start dan stop dikendalikan lewat 2 buah tombol.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...