30 Agustus 2019

Teori Konspirasi UNIX Yang Merupakan Asal Mula Terciptanya Virus Komputer

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 30 Ags 2019 | Sejak tahun 90-an para pengguna komputer mulai berkenalan dengan program pengganggu dan perusak yang disebut dengan “virus” atau lebih tepatnya disebut dengan virus komputer.

Ada banyak teori yang dikemukakan mengenai asal mula terciptanya program yang disebut virus ini, karena hingga saat ini tidak ada personal atau perusahaan yang secara terang-terangan mendeklarasikan dirinya sebagai pencipta virus pertama kali.



Dari berbagai teori, tampak teori yang dinegara asalnya (= Amerika) disebut dengan “UNIX Conspiracy” adalah teori yang paling masuk akal.

Menurut teori ini ide ini diawali dengan membuat sebuah program yang membuat para pesaing perusahaan menjadi bergantung kepada perusahaan pembuat program.

Ide ini yang dicoba direalisasikan pada sekitar era 70-an di Bell Labs, dan seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, targetnya adalah untuk memacetkan pesaing AT&T (korporasi yang sama dengan Bell) dengan membuat para pesaing tersebut nantinya bergantung pada sistem yang evolusi masa depannya adalah berada dibawah kendali AT&T.

Modusnya adalah dengan menciptakan OS (operating-system/ sistem-operasi) yang tampaknya murah dan mudah dibawa-bawa, tetapi sesungguhnya tidak benar-benar dapat diandalkan dan juga tidak aman (sehingga membutuhkan peningkatan berkelanjutan dari AT&T).

Operasi ini mendapat dukungan besar pada era 80-an, dan dilakukan oleh team khusus yang melakukan tugas ini secara terpisah.

Dan entah bagaimana mulanya, sebagian dari aplikasi berbahaya yang diberi nama Creeper, yang seharusnya merupakan bagian OS ini tersebar keluar dan mulai menginfeksi komputer.

Dan programmer dari berbagai kalangan kemudian mulai menciptakan program untuk mengatasi masalah ini, program inilah yang kemudian dikenal dengan istilah “anti virus”.

Bersamaan dengan itu, programmer lain memanfaatkan ide membuat program yang membuat para pesaing menjadi tergantung kepada pembuat program, sehingga terciptalah kemudian banyak varian virus di dunia ini hingga sekarang.

Misalnya saja virus (c)Brain yang diciptakan oleh Faruq bersaudara (Basid Faruq Alvi dan Amjad Faruq Alvi) asal Lahore, Punjab, Pakistan yang diciptakan pada sekitar tahun 1986, yang menginfeksi OS pada komputer IBM pada masa itu.

Komputer Apple juga tidak lepas dari gangguan virus. Sebuah virus dengan nama ELK Cloner, yang tercipta pada tahun 1981, mengganggu OS pada komputer Apple.

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...