06 September 2019

Amplifier Microphone Menggunakan IC NE555

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 6 Sep 2019 | IC NE555 atau yang biasa dikenal dengan nama 555 saja adalah IC yang sudah terkenal dikalangan praktisi elektronika sebagai IC untuk timer (pengatur waktu), dan dapat dimanfaatkan untuk membentuk rangkaian monostable atau bistable multivibrator.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa IC 555 ini dapat pula dimanfaatkan sebagai audio amplifier (= penguat sinyal audio). Dengan memanfaatkan kemampuan IC 555 sebagai monostable multivibrator untuk menghasilkan pulsa /denyut PWM (pulse width modulation).



Berikut ini rangkaiannya:


www.niguru.com

Sinyal audio berasal dari microphone, kemudian dikuatkan dengan penguat 1 transistor, digunakan untuk men-trigger IC 555. Lebar pulsa akan ditentukan oleh level sinyal audio yang masuk.

Sinyal masuk dengan level rendah akan menghasilkan pulsa yang sempit, sebaliknya sinyal masuk dengan level yang lebih tinggi akan menghasilkan pulsa yang lebar.

Sinyal output dari IC 555 dengan amplitudo yang praktis tetap, namun dengan lebar pulsa yang variabel ini diberikan pada speaker, dan suara yang dihasilkan akan serupa dengan suara yang dihasilkan oleh penguat audio biasa.

Demikianlah penjelasan mengenai rangkaian penguat microphone menggunakan IC 555.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...