25 Maret 2020

Kouta Internet Kamu Cepat Habis Karena Menonton Video Di Youtube? Turunkan Resolusinya Dengan Cara Ini

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 25 Mar 2020 | Salah satu konten yang paling memboroskan kuota adalah konten video. Ukuran file video yang besar (biasanya sudah dinyatakan dalam satuan Mega Byte karena ukurannya yang besar) saat dikirimkan secara streaming lewat internet akan menghabiskan data yang berbanding lurus dengan ukuran data video tersebut.

Dan semakin panjang durasi video, maka semakin besar ukuran file video tersebut, dan semakin memboroskan kuota. Sebagai referensi untuk perhitungan kasar saja, sebuah video berdurasi 3 menit saja bisa memotong kuotamu sampai 100 MB.

Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara untuk menurukan resolusi tayangan video, agar ukuran data yang dikirimkan menjadi lebih kecil.

Penurunan resolusi selain dapat menghemat kuota, juga memperlancar tayangan video.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Kunjungi Youtube.com untuk memutar video favoritmu:



Klik icon setting (berbentuk seperti roda gigi) yang berada di bottom bar > klik Quality:

Rubah setting AUTO menjadi 360p ( = 360 pixel), ini adalah setting optimal, dimana resolusi gambar masih cukup bagus, namun sudah menghemat kebutuhan resource sampai 75%:


Hasilnya, gambar tidak setajam resolusi tinggi tapi masih nyaman untuk dilihat, dan proses streaming menjadi lebih lancar, sehingga tayangan video tidak terputus.


Bila menghendaki penghematan kuota yang lebih banyak, kamu bisa menurunkan resolusi gambar hingga 144p :

Hasilnya tayangan gambar resolusi yang lebih rendah, pada resolusi ini video yang menampilkan wajah orang tidak terlihat jelas, kecuali dalam tampilan close up:



Video dengan resolusi rendah ini akan menampilkan gambar yang kurang jelas untuk dilihat di layar monitor atau TV, tapi masih cukup baik untuk dilihat di layar HP /smarphone yang ukuran layarnya hanya berkisar 5 inci.

Demikianlah langkah-langkah untuk menurunkan resolusi video yang ditayangkan pada Youtube.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar