13 September 2020

Cara Untuk Menyembunyikan Ribbon Pada Saat Sebuah Form Dibuka

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 13 Sep 2020 |Pada MS (Microsoft) Access versi 2007, atau versi berikutnya yang lebih baru, baris-baris menu dan icon-icon pada toolbar digantikan dengan RIBBON.

Berbeda dengan toolbar yang bisa dengan mudah disembunyikan lewat startup settings, ribbon bisa disembunyikan permanen secara manual, atau bila ingin disembunyikan saat membuka aplikasi tertentu, harus menggunakan instruksi VBA untuk pengaturannya.

Berikut ini langkah-langkah untuk menyembunyikan ribbon.
Untuk uji coba ini Niguru.com menggunakan form yang sudah dibuat dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada posting kemarin (baca: Membuat Database Window Tampil Minimal Saat Suatu Form Dibuka):

  1. Double-click ujung kiri atas frame dari Form
  2. Pilih tab Event
  3. Pada event On Open, scroll down dan pilih [Event Procedure]
  4. Klik tombol untuk membuka VBA Editor (tombol tiga titik)


Pada VBA Editor, terlihat sudah ada instruksi pada event On Open, karena pada uji coba form sebelumnya diisikan instruksi untuk membuat database window tampil minimize.
Tambahkan instruksi:
On Error Resume Next
DoCmd.ShowToolbar "Ribbon", acToolbarNo


Simpan hasilnya, dan apabila form tersebut (Form1) dibuka pada MS Access 2003 yang tidak memiliki ribbon maka, perintah untuk menyembunyikan ribbon tidak berfungsi, dan hanya berfungsi instruksi sebelumnya yang digunakan untuk membuat database window tampil minimize:


Bila aplikasi dijalankan pada MS Access 2007 atau versi yang lebih baru, maka sebelum Form1 dibuka, ribbon dan navigation pane akan tampil normal.


Pada saat Form1 dijalankan maka dua baris instruksi pertama pada event On Open akan menyembunyikan ribbon, dan dua baris instruksi berikutnya akan membuat Navigation Pane tampil dalam mode hidden (= tersembunyi):


Demikianlah cara untuk menyembunyikan ribbon pada MS Access pada saat sebuah form dibuka.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...