07 September 2020

Transfer Data Berupa Teks (String) Dari Server Ke Client Sebagai Bagian Dari Kolaborasi ASP Dan Javascript

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 7 Sep 2020 | Seperti yang sudah dijelaskan pada posting sehari sebelumnya, bahwa seringkali seorang programmer perlu menggabungkan pengolahan data pada server dengan pengolahan data pada client. 

Pada posting sehari sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara mentransfer data berupa angka dari server ke client, maka pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara mentransfer data berupa teks. Perlu dijelaskan terpisah karena caranya berbeda.

Untuk memperjelas bedanya Niguru.com akan membagikan script contoh yang serupa dengan script untuk mengirim angka dari server ke client, namun ini untuk mengirim teks atau string dari server ke client:

 

Simpan dengan nama bacaVariabel02.asp:

 

Buka file bacaVariabel02.asp pada browser. Hasilnya:

 
Note:
b: tampil "undefined" padahal seharusnya menampilkan kata "Indonesia" yang merupakan konten variabel a, sumber dari variabel b.
 

Solusinya adalah dengan menambahkan tanda petik tunggal di awal dan di akhir data teks atau string yang akan di kirimkan. Berikut ini contohnya:


<%
dim a,e
a="Indonesia"
e="'"&a&"'"
%>

<script>
var b
b=<% =e %>
</script>

<h1>Menampilkan variabel</h1><h3>
<br>Dari ASP ke Javascript<br>
a: <% =a %><br>
-----------------------<br>
<script>
document.write("b: ",b,"<br>")
</script>
</h3>


 

Simpan dengan nama bacaVariabel03.asp:

 

Buka file bacaVariabel03.asp pada browser. Hasilnya:

 
Note:
Data dari variabel a ditransfer ke variabel e dengan ditambah tanda petik tunggal. Javascript mengambil data variabel e, yang sudah dilengkapi tanda petik tunggal. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara transfer data antara VBScript yang berada di server dan Javascript yang ada di client.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar