Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astable Multivibrator Dan Monostable Multivibrator Yang Dikemas Dalam Sebuah IC, Yaitu IC CD4047

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 6 Okt 2018 | Dalam dunia elektronika digital ada 2 tipe IC AMV + MMV yang populer, yaitu NE555 (=555) dan CD4047 (=4047). NE555 sedikit lebih populer, karena mudah didapatkan dipasaran, murah, dan berukuran kecil (kemasan DIP 8).

CD4047 meski sedikit kalah popularitasnya dibandingkan dengan NE555, namun ada keunggulan tersendiri pada hasil sinyal outputnya, yaitu mempunyai duty cycle 50%, sehingga sinyal /denyut yang dihasilkan mempunyai perbandingan yang sama antara logika 1 dan logika 0.



Bila NE555 membutuhkan 3 komponen eksternal untuk membentuk rangkaian AMV (Astable Multivibrator), maka CD4047, hanya membutuhkan 2 buah komponen eksternal untuk membentuk rangkaian AMV, yaitu sebuah R (resistor) dan sebuah C (kapasitor).

Perioda denyut yang dihasilkan AMV dapat dihitung dengan rumus yang sederhana yaitu: 4,4.R.C
Dengan demikian user dapat dengan mudah menghitung berapa frekuensi output yang dihasilkan oleh rangkaian AMV*

*frekuensi = 1/perioda

Ikuti penjelasan selengkapnya berikut ini:


www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah penjelasan mengenai IC CD4047 atau biasa juga disebut dengan 4047 saja. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Astable Multivibrator Dan Monostable Multivibrator Yang Dikemas Dalam Sebuah IC, Yaitu IC CD4047"