22 Oktober 2018

Capacitance Meter (Alat Untuk Mengukur Nilai Kapasitas) Yang Bekerja Dengan Memanfaatkan Teknik Komparasi

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 22 Okt 2018 | Bila pada hari sebelumnya Niguru.com menampilkan artikel mengenai OpAmp serbaguna IC CA3130, maka pada posting kali ini Niguru.com menampilkan aplikasi yang memanfaatkan IC CA3130 sebagai salah satu komponen inti.

Aplikasi kali ini adalah Capacitance Meter, alat untuk mengukur kapasitas dari sebuah C (kapasitor /kondensator). Teknik pengukuran kapasitas kali ini adalah dengan teknik komparasi, yaitu membandingkan nilai dari CX (C yang diukur) dengan CRef (C yang digunakan sebagai referensi pembanding).



Berikut ini rangkaian selengkapnya:


www.niguru.com


Sebuah AMV yang dibangun dari IC CMOS 4093 akan membangkitkan sinyal 2Khz, sinyal ini diberikan sekaligus pada 2 buah transistor, satu untuk mengisi CRef dan transistor lainnya untuk mengisi CX.
Sebuah lampu indikator (LED) akan menyala saat CRef sudah terisi penuh, yang menunjukkan meter sudah dapat dibaca.

Untuk mengkalibrasi harus digunakan CX dan CRef dengan nilai kapasitas yang sama, yaitu 10nF. Meter diatur agar menunjukkan angka 10 (yang mewakili nilai 10nF). Sehingga pada saat CX diganti dengan 68nF misalnya, dimana CRef masih 10nF, maka meter akan menunjukkan angka 68 (yang mewakili 68nF).

Selanjutnya CRef dapat diganti untuk menyesuaikan antara nilai kapasitas yang diukur dengan batas skala penuh dari meter. Untuk mempermudah penghitungan CRef sebaiknya menggunakan C dengan nilai kelipatan 10 (10nF, 100nF, 1µF, 10µF).

Setelah dikalibrasi, meter akan menunjukkan nilai perbandingan sebagai berikut: CX/CRef
Sehingga bisa saja CX yang sama dengan CRef yang berbeda pasti akan membuat meter menunjukkan nilai yang berbeda

Demikianlah rangkaian Capacitance Meter yang bekerja dengan teknik komparasi. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar