31 Oktober 2018

DC To AC Inverter (2)

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 31 Okt 2018 | Beberapa waktu yang lalu Niguru.com sudah pernah memposting rangkaian DC to AC Inverter yang menggunakan IC CD4047 sebagai AMV-nya (baca: DC To AC Inverter).

Kali ini Niguru.com kembali menampilkan rangkaian DC to AC inverter, dengan transistor sebagai komponen intinya. Dua buah transistor dirangkai sebagai AMV, sehingga menghasilkan denyut /sinyal yang kemudian diperkuat oleh sebuah transistor darlington dan kemudian diberikan ke transistor berdaya besar (2N3055).



Arus yang cukup kuat dari transistor daya besar ini diberikan pada lilitan 12V dari transformator CT. Transformator yang biasanya digunakan untuk menurunkan tegangan pada rangkaian Power Supply, kali dibalik fungsinya, bagian yang biasanya digunakan untuk sekunder, sekarang difungsikan sebagai primer, dan sebaliknya demikian juga pada bagian yang biasanya digunakan untuk primer, sekarang sekarang difungsikan sebagai sekunder.

Berikut ini rangkaian selengkapnya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian lengkap dari DC to AC inverter yang menggunakan transistor sebagai komponen intinya. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar