23 Oktober 2018

Generator Sinyal Gigi Gergaji

www.niguru.com
Niguru.com | Selasa, 23 Okt 2018 | Dalam dunia “electronic control system” seringkali diperlukan alat yang mampu membangkitkan sinyal gigi gergaji. Biasanya sinyal semacam ini merupakan bagian dari rangkaian sinkronisasi antar bagian.

Kali ini Niguru.com akan menampilkan rangkaian sederhana yang mampu menghasilkan sinyal gigi gergaji (saw tooth wave). Bisa dikatakan ini adalah ide dasar bagaimana membuat sebuah generator gigi gergaji.



Berikut ini adalah rangkaian generator gigi gergajinya:


www.niguru.com


Pada rangkaian terdapat dua buah transistor yang bila dirangkai dalam konfigurasi seperti itu akan memiliki fungsi yang sama dengan sebuah SCR. Saat kedua transistor dalam keadaan OFF, maka arus pengisian (charging) akan mengisi C (kapasitor) yang paralel dengan output.

Saat kedua transistor ON, maka arus pengosongan (discharging) akan mengosongkan C dan menghubung singkat kedua terminal C, maka tegangan output akan langsung turun ke titik nol. Turunnya tegangan pada C akan kembali membuat kedua transistor OFF. Maka siklus berulang kembali, sama seperti sebelumnya, C akan mengisi muatan saat transistor OFF.

Demikianlah rangkaian generator gigi gergaji sederhana. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar