08 Oktober 2018

Inilah Rangkaian Pengaman Tambahan Untuk Mencegah Kerusakan Baterai Akibat Kesalahan Polaritas

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 8 Okt 2018 | Saat ini kita memasuki era dimana berbagai peralatan sudah menggunakan baterai isi ulang, baik yang masih menggunakan sel NiCad atau yang sudah menggunakan sel LiOn. Tentunya sejalan dengan tersedianya fasilitas tersebut diperlukan perangkat Baterry Charger sebagai pengisi ulang baterai.

Pada perangkat tertentu dimana baterai bisa dilepaskan dari wadahnya, ada kemungkinan baterai terpasang terbalik saat dikembalikan pada wadahnya. Bila dalam keadaan seperti ini baterai diisi ulang maka, baterai akan rusak.



Rangkaian berikut ini akan mencegah terjadinya pengisian ulang baterai apabila baterai terpasang terbalik sehingga polaritas (+ dan -) berada pada posisi yang salah, maka charger tidak akan melakukan pengisian. Terdapat dua buah transistor yang dipasang sedemikian rupa yang hanya ON apabila pemasangan baterai benar, yang berfungsi sebagai pengaman.

Berikut ini rangkaian dan penjelasan selengkapnya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian Battery Charger yang sudah dilengkapi dengan pengaman anti salah polaritas. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar