15 Juni 2019

Inilah Cara Agar Antara Barang Dengan Jasa Pada Aplikasi “Product List” Dapat Dipastikan Hanya Tercontreng Salah Satu Saja

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 15 Jun 20198 | Pada posting tanggal 13 Juni lalu sudah dijelaskan mengenai langkah-langkah untuk membuat form yang mencatat daftar produk (= Product List), dimana didalamnya dicatatkan semua produk yang akan digunakan dalam transaksi, baik barang maupun jasa.

Pada tabel yang ada, terdapat 2 buah check box, satu check box yang harus dicontreng apabila produk tersebut berupa produk barang, dan satu check box lainnya yang harus dicontreng bila produk tersebut berupa produk jasa.



Bisa saja dua check box tersebut diringkas menjadi satu checkbox G/S (= goods /service), dimana bila dicontreng berarti produk berupa barang, dan bila tidak dicontreng produk berupa jasa. Cara ini memang lebih praktis dan dapat memangkas “sedikit” kapasitas di database. Namun perlu diperhatikan juga bahwa aplikasi bukan hanya diperlukan untuk sekedar pengiritan kapasitas, namun tujuan yang lebih besar adalah agar  informasi yang ditampilkan bisa lebih jelas bagi semua user.

Dengan ditampilkan dengan 2 buah check box, informasi bisa lebih terlihat produk yang sebaris pada record tersebut tergolong barang atau jasa.

Berikut ini Niguru.com akan menjelaskan langkah-langkah untuk memastikan agar check box hanya tercontreng salah satunya saja, jadi tidak mungkin tercontreng keduanya atau kosong keduanya.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Buka form f_product dalam mode design view, untuk mengedit desainnya. Pada check box Goods, aktifkan Event Procedure pada event After Update:

www.niguru.com


Ketikkan instruksi:
If Goods Then
Service = False
Else
Service = True
End If

www.niguru.com


Pada check box Service, aktifkan Event Procedure pada event After Update:

www.niguru.com


Ketikkan instruksi:
If Service Then
Goods = False
Else
Goods = True
End If

www.niguru.com


Hasilnya, setiap kali check box Goods diedit, maka nilai pada check box Service akan otomatis berubah dengan nilai kebalikannya.
Demikian pula bila check box Service diedit, maka nilai pada check box Goods akan otomatis berubah dengan nilai kebalikannya.

www.niguru.com

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat kedua check box dipastikan tidak memiliki nilai yang sama, dan dapat secara otomatis berubah mengikuti perubahan dari check box lain yang terkait.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...