29 Juni 2019

Inilah Cara Pemanfaatan Instruksi Try .. Finally Sebagai Penerus Perintah Untuk Menjalankan Instruksi Saat Kesalahan Terjadi Pada Pemrograman Delphi

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 29 Jun 2019 | Pada posting sehari sebelumnya, Niguru.com sudah menjelaskan mengenai pemanfaatan instruksi Try .. Except sebagai perangkap kesalahan dalam aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman Delphi.

Maka pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan satu lagi instruksi yang juga dipakai sebagai antisipasi apabila terjadi kesalahan dalam penggunaan aplikasi. Instruksi yang dijelaskan pada posting kali ini adalah Try .. Finally.



Seringkali dalam sebuah aplikasi diperlukan kepastian bahwa sebuah deretan instruksi tertentu tetap dijalankan, meski saat itu sedang terjadi kesalahan (misalnya kesalahan input data). Misalnya saja, sebuah pemberitahuan bahwa proses sudah berakhir, atau proses pengosongan memory, atau proses pengembalian nilai awal dari suatu variabel, dan lain sebagainya.

Untuk keperluan tersebut Delphi sudah menyediakan instruksi Try .. Finally. Format penulisannya adalah sebagai berikut:

try
{deretan instruksi}
finally
{instruksi yang wajib dijalankan meski terjadi kesalahan}
end;

Untuk lebih jelasnya lihat contoh script berikut ini:

var a,b,c:integer;
begin
try
    write('isikan nilai a: ');readln(a);
    write('isikan nilai b: ');readln(b);
    c:=a+b;
    writeln('hasil a + b = ',c);
finally
    writeln('proses penjumlahan selesai');
    readln;
end;
end.


www.niguru.com

Dari script diatas itu, saat aplikasi dijalankan (running), bila user mengisikan data yang benar, maka instruksi berikut ini dijalankan oleh system:

write('isikan nilai a: ');readln(a);
write('isikan nilai b: ');readln(b);
c:=a+b;
writeln('hasil a + b = ',c);
writeln('proses penjumlahan selesai');
readln;


www.niguru.com

Namun bisa, terjadi kesalahan input yang dilakukan oleh user (misalnya a = 10 dan b = huruf k), maka instruksi ini tetap dijalankan:

writeln('proses penjumlahan selesai');
readln;


www.niguru.com

Tanpa adanya instruksi Try .. Finally, bila sebuah kesalahan terjadi maka system akan mengabaikan seluruh instruksi yang ada hingga akhir program. Dalam aplikasi besar dan memiliki fungsi krusial, kondisi dimana seluruh instruksi yang tersisa diabaikan oleh system, kadang bisa membuat system lain yang masih berkorelasi dengan aplikasi yang sedang dijalankan menjadi ikut terganggu.

Dalam sebuah project yang besar, ketersediaan instruksi Try .. Finally ini sangat membantu, misalnya dalam project pengontrolan robot industri, yang ditangani oleh team Niguru.com, berkat ketersediaan instruksi ini, pada saat terjadi kesalahan dalam pemberian input pada robot, maka gerakan robot untuk kembali ke posisi awal, tetap dilakukan.

Demikianlah penjelasan mengenai instruksi Try .. Finally pada bahasa pemrograman Delphi.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar