24 Juli 2019

Apakah Yang Dimaksud Dengan Bounching Effect Pada Saklar Dan Tombol (Push Button), Dan Solusi Untuk Mengatasinya

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 24 Jul 2019 | Praktisi baru di bidang elektronika mungkin belum mengetahui bahwa kontak pada pada sebuah tombol bisa mengalami "bounching effect" sebelum kontak-kontaknya terkoneksi secara sempurna.

Bounching effect adalah kondisi dimana kontak-kontak tombol saat ditekan akan berbenturan secara fisik, dan mengalami buka tutup beberapa kali sebelum benar-benar berhenti bergetar dan terkoneksi secara sempurna.



Efek ini tidak mempengaruhi kinerja peralatan kontrol yang terhubung dengan tombol tersebut selama koneksi tombol tersebut tidak dihitung.

Untuk tombol yang terhubung dengan counter, bounching effect bisa membuat counter menghitung lebih dari sekali padahal tombol hanya ditekan sekali.

www.niguru.com
Pada PLC masalah bounching bisa diatasi dengan mudah, hanya dengan menempatkan timer penunda ON satu rung dengan tombol inputnya. Timer ini berfungsi sebagai Anti-Bounching atau Debounching bagi tombol input.
Waktu timer diatur sebesar 50ms, sehingga saat timer belum benar-benar terkoneksi sempurna, counter belum mendapatkan input.

Maka untuk 2 LD (ladder diagram) pada 2 posting sebelumnya, selayaknya juga diberikan debounching, sehingga LD untuk counter dengan 2 tombol (baca: Mengendalikan Output Dengan Fasilitas Counter Pada Ladder - Part 1) menjadi:


www.niguru.com

Dan LD untuk counter dengan 1 tombol (baca: Mengendalikan Output Dengan Fasilitas Counter Pada Ladder - Part 2) menjadi:


www.niguru.com

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi "bounching effect".
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...