11 Juli 2019

Memastikan INPUT Yang Masuk Ke Unit System Control Digital Adalah Juga Logika Digital

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 11 Jul 2019 | Pada Unit System Control Digital dalam bentuk apapun, berbasis apapun (IC digital discrette, IC Mikroprosesor, IC Mikrokontroler, atau PLC), harus menerima input dalam logika digital juga.

Bagaimana dengan Unit System Control Digital yang memiliki input analog? Sesungguhnya dibagian dalamnya terdapat blok konverter yang mengubah input analog menjadi digital (ADC = analog to digital converter).



Jadi pada dasarnya peralatan digital harus menerima input digital pula, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengolahan data. Demikian pula output yang dihasilkan oleh peralatan digital, pasti berupa output dalam level logika digital pula.

Dalam prakteknya ada peralatan /sensor /rangkaian elektronik tertentu yang outputnya tidak masuk kategori digital. Level tegangan outputnya tidak masuk dalam logika 1 atau logika 0.

Ada 2 macam kategori tegangan yang tidak masuk kategori digital:
1. High Z (high impedance). Output yang dihasilkan tidak mengeluarkan tegangan apapun, hanya menghasilkan kondisi impedansi tinggi. Kondisi ini mirip seperti kondisi sambungan yang mengambang /floating.
2. Out of Range. Output yang dihasilkan memiliki tegangan yang terlampau besar, terlampau kecil, atau berada diantara logika 0 /1 (=inhibit level).

Untuk mengatasi masalah HiZ (high impedance), adalah dengan menambahkan resistor pull up, yang dihubungkan ke kutub (+) dari power supply, bila diinginkan kondisi saat HiZ = logika 1.

Bila diinginkan saat kondisi HiZ level logika = 0, maka cara mengatasi masalahnya adalah dengan memasang resistor pull down, yang dihubungkan ke kutub (-).

Untuk mengatasi masalah "Out of Range", ada beberapa opsi yang bisa dilakukan:
1. Mengubah tegangan kerja /power supply dari peralatan yang bersangkutan.
2. Menggunakan relay /transistor /opto coupler /OpAmp sebagai interface, untuk menaikkan /menurunkan tegangan agar sesuai dengan level logika digital yang dibutuhkan.

Banyak masalah pada system pengolahan digital terjadi karena ada input yang masuk ke rangkaian pengolahan digital tidak masuk dalam level digital. Jadi perhatikan penjelasan diatas untuk memastikan rangkaian pengolahan data digital bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

Semoga penjelasan pada posting kali ini dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktivitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...