06 Juli 2019

Pengenalan LDMicro – Melakukan Simulasi Pada Diagram Ladder Yang Sudah Dibuat

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 6 Jul 2019 | Melanjutkan pembahasan mengenai pengenalan aplikasi pemrograman dengan menggunakan LD (ladder diagram), untuk memprogram micro PLC dengan menggunakan aplikasi LDMicro, dimana pada posting sehari sebelumnya dibahas mengenai aplikasi untuk membuat tombol berfungsi latch.

Pada LDMicro sebenarnya terdapat fasilitas untuk menguji apakah logika dari LD yang dibuat sudah benar. Fasilitas semacam ini merupakan suatu standar dari aplikasi pemrograman dengan menggunakan LD, dan aplikasi LD Micro juga memiliki fasilitas ini.


Sebagai bahan uji coba untuk melakukan simulasi dan melihat hasilnya, Niguru.com menggunakan aplikasi yang sama dengan yang sudah dibuat pada posting kemarin, yaitu tombol latch:

www.niguru.com


www.niguru.com

Klik menu > Simulate > Simulation Mode:

www.niguru.com


Klik lagi menu > Simulate > Start Real-Time Simulation:

www.niguru.com


Double-click X1 untuk mensimulasikan tombol ditekan, perhatikan bahwa logika pada X1 berubah dari =0- menjadi logika =1. Disaat yang bersamaan disitu juga terlihat bahwa output berubah logikanya, yang semula logika = 0, menjadi logika = 1:

www.niguru.com


Double-click kembali X1 untuk mensimulasikan tombol dilepas, logika X1 =0 kembali. Disitu akan terlihat bahwa logika pada Y1 tetap = 1:

www.niguru.com


Double-click X2 untuk mensimulasikan tombol ditekan, perhatikan bahwa logika pada X2 berubah dari =0- menjadi logika =1. Disaat yang bersamaan disitu juga terlihat bahwa output berubah logikanya, yang semula logika = 1, menjadi logika = 0:

www.niguru.com


Double-click kembali X21 untuk mensimulasikan tombol dilepas.
Dari hasil simulasi dapat diketahui bahwa bila tombol X1 ditekan maka output Y1 = 1, dan Y1 akan tetap = 1 meski tombol X1 sudah dilepas, berarti fungsi latch sudah benar.

Y1 baru akan kembali = 0 bila tombol X2 yang ditekan. Berarti setelah seluruh input sudah disimulasikan kerja dari aplikasi dapat diketahui.

Demikianlah cara untuk melakukan simulasi LD (ladder diagram) pada aplikasi LDMicro.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar