31 Oktober 2019

Alarm Hujan Sederhana Berbasis IC NE555

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 31 Okt 2019 | Bila musim hujan tiba, maka seringkali orang perlu suatu alat bantu yang dapat memberitahu saat hujan mulai turun, sehingga beberapa barang yang sedang dijemur disekitar rumah dapat segera dibawa masuk, agar terhindar dari basah.

Pada posting kali ini Niguru.com akan membagikan sebuah rangkaian Alarm Hujan, yaitu rangkaian elektronik yang dapat mengeluarkan bunyi nyaring pada saat hujan turun.



Rangkaian ini berbasis IC NE555 (atau biasa dikenal dengan 555 saja), dan menggunakan sebuah sensor yang dapat dibuat dari lempengan PCB yang dibuat alur yang saling berdekatan, sehingga terjadi kontak pada saat kedua alur tersebut tersiram air hujan.

Berikut ini rangkaiannya:


www.niguru.com

Bila sensor tersiram air hujan, transistor Q1 akan mendapatkan tegangan bias pada basisnya.
Arus yang mengalir melewati R2 akan membuat tegangan (+) pada pin 4 IC555. Maka IC 555 yang semula dalam keadaan RESET akan mulai bekerja dan menghasilkan suara pada buzzer Bz1.

Demikianlah rangkaian Alarm Hujan sederhana, yang dapat menyelamatkan barang-barang yang sedang dijemur dari kerusakan akibat tersiram air hujan.

Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar