10 Oktober 2019

Beginilah Cara Menyimpan Dan Membuka File Microsoft Excel Dengan Konten Macro Didalamnya

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 10 Okt 2019 | Pada tanggal 26 dan 27 bulan September lalu, Niguru.com sudah menjelaskan mengenai cara untuk membuka VBA Editor dan membuat aplikasi VBA untuk mempermudah user melakukan tugas tertentu secara otomatis.

Pada MS (Microsoft) Excel, VBA maupun macro (sekelompok urutan tugas yang direkam), keduanya digolongkan sebagai MACRO. Dan file MS Excel yang mengandung macro tidak dapat tersimpan bila file masih menggunakan extension .XLSX.



Agar macro dapat tersimpan file harus disimpan dalam file dengan extension .XLSM.
Untuk menyimpan file dalam format .XLSM, cukup dengan klik menu > Save As > Excel Macro-Enabled Workbook > ketik nama file > Save:


www.niguru.com

www.niguru.com


Saat file .XLSM dibuka macro tidak akan langsung diaktifkan oleh aplikasi MS Excel, MS Excel akan menampilkan “Security Warning”.

Klik Options > Enable this content > OK, untuk mengaktifkan macro:

www.niguru.com

www.niguru.com


Agar macro dapat secara otomatis “enable” saat file dibuka, klik menu > Excel Options > Trust Center > Trust Center Settings > Macro Settings > Enable all macros > OK:

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


Simpan file, dan buka kembali. Bila langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar maka “Security Warning” tidak tampil dan macro akan langsung aktif.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk menangani file MS Excel yang memiliki konten macro didalamnya.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar