18 Oktober 2019

Beginilah Cara Untuk Memindahkan Folder Document Dari Lokasi Default Ke Lokasi Tertentu

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 18 Okt 2019 | Secara default (pengaturan awal) lokasi dari folder Documents (folder yang pada Windows XP atau versi Windows yang lebih awal disebut sebagai folder MyDocuments) berada satu drive dengan lokasi dimana OS Windows berada.

Keberadaan folder Documents ini memudahkan user dalam menempatkan file hasil kerja, karena hampir semua aplikasi akan menempatkan file hasil kerjanya di folder Documents kecuali user mengarahkan penyimpanan file ke folder lain.



Bila suatu ketika terjadi kerusakan pada OS yang sulit diperbaiki, dan reinstall adalah solusi terbaik dan termudah, maka pemindahan data dari lokasi Documents yang satu drive dengan OS akan menambah pekerjaan bagi user.

Untuk itulah sebaiknya folder Documents dipindahkan ke drive lain yang berbeda dengan drive C: (drive lokasi install dari OS Windows). Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memindahkan folder Documents:
Buka File Explorer:

www.niguru.com


Klik kanan pada Documents > Properties > Location Move:

www.niguru.com

www.niguru.com


Browse dan pilih folder sebagai lokasi baru untuk Documents (misal: F:\NGRData) > klik Select Folder:

www.niguru.com


Klik OK > Yes:

www.niguru.com

www.niguru.com


Sekarang semua aplikasi akan secara default menempatkan file pada folder Documents yang baru pada saat user melakukan SAVE (penyimpanan file).

Untuk memastikan bahwa folder Documents sudah berfungsi, buka aplikasi Microsoft Excel (boleh aplikasi lain, karena hanya untuk pengujian).
Ketik sembarang teks pada sembarang cell (hanya untuk pengujian), kemudian klik menu > Save:

www.niguru.com


Bila folder Documents sudah pindah ke lokasi baru maka akan tampil lokasi file baru tersebut akan diarahkan ke folder baru:

www.niguru.com


Demikianlah langkah-langkah untuk memindahkan folder Documents ke lokasi baru yang berbeda dengan lokasi OS.

Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...