05 Oktober 2019

Mengenal AGV (Automated Guided Vehicle), Kendaraan Otomatik Pada Sektor Industri – Part 2 (Gerak Dan Kemudi)

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 5 Okt 2019 | Posting kali ini melanjutkan posting sehari sebelumnya yang menjelaskan mengenai pengenalan AGV pada dunia industri.

Penggunaan AGV cepat menjadi populer karena dalam dunia industri proses pemindahan material dari satu lokasi ke lokasi lain adalah bagian yang tidak terpisahkan.

Kali ini Niguru.com akan menjelaskan bagaimana AGV mengatur pengemudian (steering) dan penggerak (driving). Ada 5 opsi steering dan driving yang dapat digunakan pada AGV:

1. One Wheel Drive And Steering: AGV yang paling sederhana, menggunakan sebuah roda yang berfungsi sebagai steering dan driving sekaligus.

www.niguru.com

www.niguru.com

Terdapat 2 buah motor yang terhubung ke sebuah roda, 1 motor sebagai drive (penggerak) dan 1 motor sebagi pengemudi (steering), untuk mengatur AGV berbelok.
AGV jenis ini dibuat untuk bergerak 1 arah saja (maju).

2. Two Differential Drives As Steering: Jenis yang saat tulisan ini dibuat paling banyak diaplikasikan adalah menggunakan 2 buah motor drive yang secara diferensial mengatur arah belok.

www.niguru.com


Untuk berbelok ke kiri, putaran roda kanan dibuat lebih cepat. Sebaliknya untuk berbelok ke kanan, putaran roda kiri dibuat lebih cepat.

Butuh 2 buah CASTERS yang dapat berputar, sebagai roda penyangga bantuan untuk membantu agar AGV dapat berbelok.

www.niguru.com


AGV jenis ini dibuat untuk dapat bergerak bergerak 2 arah (maju dan mundur).

3. One Drive And One Steering: AGV jenis ini memisahkan antara roda yang digunakan sebagai penggerak (drive), dan roda yang digunakan sebagai pengemudi (steering).

www.niguru.com


AGV jenis ini dibuat untuk bergerak 1 arah saja (maju).

4. Four Wheels As Drive And Steering: AGV jenis ini menggunakan 4 buah motor penggerak, yang secara diferensial dapat mengatur arah belok AGV.


www.niguru.com


AGV jenis ini dibuat untuk dapat bergerak bergerak 2 arah (maju dan mundur).

5. Four Mecanum Wheels: AGV ini adalah pengembangan dari AGV tipe ke (4) yang sudah dijelaskan diatas. Namun menggunakan mecanum wheels sebagai roda penggeraknya, sehingga AGV dapat bergerak bebas dan memungkinkan gerakan berputar sampai 360 derajat.

www.niguru.com

AGV tipe ini adalah tipe yang paling modern saat ini, dan tergolong omnidirection, yang artinya dapat bergerak kemanapun (maju, mundur, kanan, kiri, berputar)

Kemampuan omnidirectional ini bisa dimungkinkan karena penggunaan MECANUM WHEEL:

www.niguru.com




Demikianlah sebagian penjelasan mengenai AGV, artikel pada posting ini bersambung pada posting berikutnya.

Semoga penjelasan pada posting ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...