10 Januari 2020

Komputer Hang? Ini Cara Diagnosa Kerusakannya – Part 1 (Software)

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 10 Jan 2020 | Komputer (Komputer Desktop /Laptop /Netbook) Hang (berhenti bekerja mendadak setelah sempat bekerja dengan normal), adalah kerusakan yang paling sering terjadi. Dan bagi user atau bahkan kadangkala teknisi sulit untuk menentukan area kerusakan dari komputer tersebut.

Kerusakan bisa dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kerusakan Software dan kerusakan Hardware. Dan pada posting ini Niguru.com akan menjelaskan cara mendiagnosa kerusakan software, sehingga user bisa memutuskan apakah komputer akan diperbaiki sendiri, atau harus dibawa ke Service Centre.

Sebagai persiapan, silakan install aplikasi RAM monitoring (boleh apa saja). Salah satu opsinya bisa juga dengan memasang gadget CPU meter (baca: Memasang Desktop Gadget Di Windows 8 /Windows 10)
URL: http://www.niguru.com/2018/03/memasang-desktop-gadget-di-windows-8.html



1. Diagnosa RAM kurang besar

Ini sesungguhnya masalah di sisi hardware namun diagnosa awal ini menentukan, sebelum diagnosa software yang lain bisa dilakukan.
Jalankan komputer seperti biasa dan saat komputer hang, perhatikan nilai dari RAM monitor pada CPU meter (dengan setting = Always on top).

Bila saat komputer hang, RAM menunjukkan nilai 100% berarti harus ada penambahan RAM. Jadi sesungguhnya tidak ada kerusakan, hanya saja perlu ada upgrade disisi hardware, berupa penambahan RAM.

Untuk Windows versi 7 atau versi yang lebih baru, bila tidak ada aplikasi 3D yang perlu dijalankan di komputer, maka RAM 4GB adalah nilai RAM yang optimal.

Bila komputer harus menjalankan aplikasi 3D, maka RAM minimal adalah 8GB, tentunya makin besar makin baik.

2. Diagnosa aplikasi yang dijalankan bersamaan terlalu banyak

Bila RAM sudah memiliki kapasitas yang cukup (lihat pada penjelasan diatas), dan nilai RAM pada CPU meter menunjukkan 100%, apabila aplikasi yang dibuka, lebih dari 5 aplikasi coba, tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Bila kemudian monitor RAM menunjukkan nilai dibawah 80% berarti penyebab masalah hanyalah karena aplikasi yang dibuka terlalu banyak.

3. Diagnosa virus

Penjelasan untuk bagian ini dapat dibaca lebih detail pada posting yang lalu (baca: Apakah Komputer Saya Terkena Virus?)
URL: http://www.niguru.com/2019/08/apakah-komputer-saya-terkena-virus.html

4. Diagnosa kerusakan di sisi aplikasi

Apabila komputer hanya hang pada saat menjalankan aplikasi tertentu saja, maka kemungkinan besar, kerusakan hanya terjadi di sisi aplikasi.

Uninstall aplikasi dan kemudian install ulang untuk memastikan aplikasi tersebut dapat berfungsi dengan baik.

5. Diagnosa aplikasi tidak kompatibel

Khusus untuk user yang menggunakan OS Windows 64 bit, seperti Windows versi 8 /8.1 /10, biasanya aplikasi 32 bit dapat diinstal pada OS versi ini, namun setelah dijalankan aplikasi tersebut tidak dapat berfungsi dengan benar bahkan membuat komputer hang.

Solusinya, untuk aplikasi tertentu yang membuat komputer hang, coba cari versi dari aplikasi tersebut yang memang khusus untuk diinstal di komputer 64 bit.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk mendiagnosa kerusakan pada komputer hang.
Semoga penjelasan pada posting kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Selamat beraktivitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...