Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengaktifkan Ruler Dan Panning Hand Pada Icon Yang (Agak) Tersembunyi Pada Aplikasi Microsoft Word

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 15 Jan 2020 | Pada aplikasi MS (Microsoft) Word terdapat fasilitas yang bernama RULER, yang menempatkan penggaris digital pada frame bagian atas lembaran kerja dari MS Word.
Ruler berguna untuk membantu user mengukur jarak dari suatu obyek ke obyek yang lain dalam lembaran kerja.

Ruler juga berguna untuk membantu user dalam mengatur perataan baris-baris tulisan dalam suatu paragraf yang terdapat pada lembaran kerja.

Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara mudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fasilitas ruler dan satu lagi fasilitas lainnya yang disebut dengan PANNING HAND.

Untuk user yang menggunakan aplikasi Acrobat Reader untuk membuka file berformat .PDF tentu pernah melihat icon yang berbentuk genggaman tangan yang dapat digunakan untuk membantu user dalam melakukan drag pada halaman .PDF yang tampil.

MS Word juga mempunyai fasilitas yang serupa, yang sayangnya jarang dimanfaatkan oleh user, bahkan masih ada user yang belum tahu keberadaan dari fasilitas ini.

Berikut ini cara mengaktifkan ruler lewat menu, klik menu > View > contreng checkbox: Ruler:

www.niguru.com


Ada cara lain, tanpa lewat menu, yaitu dengan melakukan klik pada icon yang (agak) tersembunyi pada scroll bar:


www.niguru.com

Hasilnya sama seperti cara saat mengaktifkan ruler lewat menu:

www.niguru.com


Berikutnya adalah cara mengaktifkan Panning Hand, yang letak icon untuk mengaktifkannya berada dekat, dibawah icon Ruler:


www.niguru.com

Bila Panning Hand diaktifkan (klik pada icon), maka hasilnya cursor akan berubah menjadi Panning Hand yang dapat melakukan drag pada lembaran kerja MS Word:


www.niguru.com

www.niguru.com


Note:
Cursor panning hand terbuka saat tombol mouse dilepas, dan cursor panning hand menggenggam saat tombol mouse ditekan dan ditahan untuk melakukan drag.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk mengaktifkan Ruler Dan Panning Hand pada aplikasi MS Word.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Mengaktifkan Ruler Dan Panning Hand Pada Icon Yang (Agak) Tersembunyi Pada Aplikasi Microsoft Word"