08 Januari 2020

Sinkronisasi File Antara Dua Buah Folder Yang Berbeda Dengan Menggunakan Norton Commander

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 8 Jan 2020 | Pada posting sehari sebelumnya, Niguru.com sudah menjelaskan cara untuk mendownload dan menginstal aplikasi Norton Commander.
Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara untuk memanfaatkan salah satu fasilitas dari NC (Norton Commander) untuk melakukan sinkronisasi file.

Untuk user yang sering bekerja secara mobile atau seringkali melakukan pekerjaan yang berkesinambungan antara beberapa lokasi, misalnya rumah dan kantor. Pekerjaan yang sudah dikerjakan di kantor, kemudian harus dilanjutkan di rumah dengan komputer yang berbeda, tentu perlu melakukan sinkronisasi antara folder di komputer rumah dan kantor, agar file didalamnya selalu update.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan sinkronisasi antara 2 folder yang berbeda.
Jalankan aplikasi NC:



Note:
Secara default NC akan menampilkan 2 buah layar berdampingan.  Tempatkan folder yang akan disinkronisasikan pada kedua layar tersebut.

Layar kiri untuk folder 1 dan layar kanan untuk folder 2. Misalnya layar 1 adalah folder dari sebuah USB drive dan layar kanan adalah sebuah folder yang ada pada HDD.

Klik menu > Commands > Synchronize Directories:



Klik Sychronize:


Klik Copy:



Sekarang kedua folder /direktori (directory) akan mempunyai kandungan file yang sama:


Demikianlah cara untuk melakukan sinkronisasi antara 2 buah folder yang berbeda dengan menggunakan aplikasi Norton Commander.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar