26 Januari 2021

IDLE, Python Script Editor

www.niguru.com
Niguru.com | Selasa, 26 Jan 2021 | Untuk user /programmer yang menginstal aplikasi Python, akan mendapatkan compiler Python, Shell aplication (menampilkan console, mirip dengan DOS), sebuah editor yang bernama IDLE.

Langkah-langkah untuk menginstal Python sudah pernah dijelaskan pada posting sebelumnya (http://www.niguru.com/2021/01/download-dan-install-python.html), dan Idle adalah bagian dari pake instalasi.

Berikut ini tampilan Idle:

 
Terdapat tanda lebih besar (atau bisa disebut panah kanan) 3x di awal /kiri tempat script ditulis.

Jadi bila menemukan artikel atau screenshot yang menampilkan tanda panah 3x di kiri, abaikan saja, karena itu penanda “interpreter” pada Idle.

Idle akan mengeksekusi baris demi baris script yang diketikkan, segera setelah tombol [Enter ditekan]. Contoh:

 

Setelah [Enter]:

 

Setelah isi dan ketik angka > [Enter]:

 

Script berikutnya > [Enter]:

 

Setelah ketik angka > [Enter]:

 

Script berikutnya > [Enter]:

 
Note:
Hasil eksekusi akan langsung tampil pada kanvas kerja Idle.

Kesimpulan Idle mempermudah user untuk mengetik script Python, karena dieksekusi untuk setiap baris script yang selesai diketikkan, sehingga bila terjadi sintax error bisa langsung tampil di kanvas kerja Idle.

Niguru.com menggunakan Notepad untuk menulis script pada setiap artikel untuk mempermudah pembaca melihat keseluruhan script tanpa tercampur dengan 3 buah panah dan angka /teks hasil eksekusi.


 

Diluar pembuatan artikel, yaitu saat membuat program Python, Niguru.com menggunakan Idle atau kadangkala menggunakan Notepad ++.


Demikianlah pengenalan aplikasi Idle yang dapat digunakan untuk menulis dan mengedit script yang dituliskan untuk Python.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar