Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Diminta Scan QRcode? Bingung Pakai Aplikasi Apa? Ini Solusinya!

www.niguru.com Niguru.com | Minggu, 22 Agt 2021 | Pada masa pandemi ini pemerintah memberlakukan berbagai pembatasan sosial yang serupa dengan lockdown (PSBB, PPKM, dan lain sebagainya) untuk meredam penyebaran virus Corona. Dan masih ditambah lagi upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh melalui upaya vaksinasi.

Bersamaan dengan pemberlakuan peraturan, seringkali user (pengguna HP) diminta untuk melakukan scan QRcode saat berkunjung ke suatu area publik tertentu (mal, klinik, sekolah, dan lain sebagainya) sebagai sarana untuk membuka aplikasi, atau mengarahkan user untuk membuka website tertentu.

Hal ini mudah untuk user yang sudah paham cara scan QRcode namun tentu menjadi kendala bagi user yang belum tahu harus menggunakan aplikasi apa untuk melakukan scan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuka aplikasi GOOGLE LENS yang sudah disediakan Android dalam bundel OS yang mereka luncurkan.

  1. Tekan lama tombol HOME (tombol tengah di posisi bawah).
  2. Klik icon Google Lens.
  3. Arahkan kamera ke arah QRcode.

www.niguru.com

 
Atur agar QRcode berada di dalam kotak putih yang tampil di kamera. Tekan tombol shutter (kaca pembesar) setelah posisi QRcode pas berada di dalam kotak.
Hasilnya, akan muncul teks yang menunjukkan konten yang disandikan dengan QRcode:
 

www.niguru.com


Demikianlah penjelasan mengenai cara pemanfaatan Google Lens yang sudah menyatu dalam bundel yang disediakan Android.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)
 


Posting Komentar untuk "Sering Diminta Scan QRcode? Bingung Pakai Aplikasi Apa? Ini Solusinya!"