Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metal Detector Dengan IC NE555 (Include PCB)

www.niguru.com Niguru.com | Kamis, 28 Des 2023 | Metal detector adalah rangkain hobi yang senantiasa menarik untuk dicoba. Alat elektronik ini mampu mendeteksi keberadaan logam yang tersembunyi dibalik benda lain yang bukan logam.

Dengan alat ini kita dapat menemukan koin, baut, potongan logam yang tersembunyi didalam wadah plastik atau wadah kayu. Dapat juga digunakan untuk menemukan keberadaan logam di dalam tanah, sehingga cocok juga digunakan oleh para pencari harta karun. 

Berikut ini rangkaiannya:


 

Rankaian di atas menggunakan IC NE555 atau biasa disebut dengan IC 555 saja, yang dirangkai dengan konfigurasi AMV (astable multivibrator), dengan R1, C2 dan L1 sebagai rangkaian RLC yang menentukan frekuensi dari signal yang dihasilkan oleh AMV.

Nilai induksi L1 akan berubah apabila terdapat logam didekatnya, makin dekat logam maka nilai induksi L1 akan semakin besar, sehingga frekuensi yang dihasilkan akan semakin tinggi, maka speaker akan menghasilkan suara yang makin nyaring.

Berikut ini PCB dari rangkaian tersebut.
PCB tampak atas:

 


PCB tampak bawah:
 


Layout dari tata letak komponen:
 


File PCB dapat didownload di: Download PCB Metal Detector

Demikianlah penjelasan mengenai rangkaian metal detector berbasis IC NE555.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)


3 komentar untuk "Metal Detector Dengan IC NE555 (Include PCB)"

  1. I rely on Parismusic's backing tracks for singers for all my performances. The ability to adjust the key and tempo ensures that I can always find the perfect match for my voice.
    Backing tracks for singers

    BalasHapus
  2. Explore how the top translation agencies in the UK empower organizations to seize international opportunities through effective communication strategies. From accurate translations to cultural adaptation, these agencies provide the linguistic expertise needed to succeed in today's interconnected world.
    Explore how the top translation agencies in the UK empower organizations to seize international opportunities through effective communication strategies. From accurate translations to cultural adaptation, these agencies provide the linguistic expertise needed to succeed in today's interconnected world.

    BalasHapus
  3. Streamline your currency exchange process by converting your Russian rubles into Tether (USDT) effortlessly, unlocking a world of financial opportunities.
    Buy Tether (USDT) for cash rubles (RUB) in Russia

    BalasHapus