02 November 2018

Inilah Over Voltage Protector, Rangkaian Sederhana Untuk Melindungi Produk Elektronik Anda Dari Kelebihan Tegangan Output Dari Power Supply

www.niguru.com

Niguru.com | Jumat, 2 Okt 2018 | Saat ini penggunaan produk elektronik, gadget elektronik, dan berbagai peralatan elektronik sudah menggunakan baterai yang bisa diisi ulang (rechargable battery). Karena memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan baterai sekali pakai, produk yang dilengkapi dengan baterai isi ulang lebih diminati oleh konsumen.

Seiring dengan meningkatnya produk semacam itu, maka meningkat pula produk pelengkapnya, yaitu: battery charger, yaitu alat untuk mengisi ulang baterai. Saat ini battery charger bisa dengan mudah diperoleh di pasaran, dengan harga mulai dari yang sangat murah (dibawah USD 1) sampai yang setara dengan beberapa belas USD.



Beberapa charger murah memiliki resiko kerusakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan charger yang harganya sedikit lebih mahal. Salah satu kerusakan yang perlu diantisipasi oleh user adalah kerusakan dimana tegangan output dari charger terlalu tinggi.

Misalnya saja, jenis USB charger yang biasa digunakan untuk HP, seharusnya mengeluarkan output 5,5V .. 5,8V . pada saat terjadi kerusakan kemudian mengeluarkan tegangan hingga 8V misalnya, ini bahaya!
HP bisa rusak bila terhubung ke charger yang menyuplai tegangan terlalu tinggi.

Rangkaian berikut ini merupakan protektor /pelindung yang bisa dipasang dibagian akhir dari charger atau diapsang sebelum masuk ke produk elektronik yang diisi ulang, berikut ini rangkaian dan penjelasannya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian protektor sederhana namun dapat menyelamatkan produk elektronik dari kerusakan akibat tegangan yang terlalu tinggi. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...