Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IC CA3140, OpAmp Serbaguna Yang Diperkuat Oleh Komponen MOSFET

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 19 Nov 2018 | CA3140 adalah jenis OpAmp yang sudah lama beredar di pasaran, dan cukup populer dikalangan praktisi elektronika.
CA3140 mempunyai ukuran fisik yang kecil karena dikemas dalam kemasan DIP8, sehingga tidak menyita banyak ruang dalam perakitan.

Penggunaan komponen MOSFET (PMOS) didalamnya membuat CA3140 bekerja dengan efisiensi yang tinggi, arus yang ditarik pada saat IC sedang tidak menerima input hanya 10pA (10 piko Ampere), sangat kecil dan nyaris mendekati 0.



Penggunaan komponen MOSFET ini juga membuat CA3140 memiliki impedansi input yang sangat tinggi yaitu: 1,5TΩ (satu koma lima tera Ohm). Dengan impedansi sebesar itu maka perpindahan daya dari peralatan input ke rangkaian penguat didalam IC menjadi maksimal.

CA3140 juga didesain untuk dapat bekerja pada rangkaian yang disuplai oleh dual power supply maupun rangkaian yang disuplai oleh single power supply. Sehingga cocok untuk digunakan sebagai penguat pada rangkaian audio yang manapun.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai IC CA3140:


www.niguru.com
www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah penjelasan mengenai IC OpAmp serbaguna CA3140. Semoga penjelasan pada artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "IC CA3140, OpAmp Serbaguna Yang Diperkuat Oleh Komponen MOSFET"