17 November 2018

Inilah Rangkaian Voltage Doubler (Pengganda Tegangan), Yang Menggunakan Komponen Digital

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 17 Nov 2018 | Beberapa waktu yang lalu Niguru.com pernah memposting artikel yang membahas mengenai rangkaian Voltage Doubler, yang bekerja dengan cara menyearahkan tegangan AC yang dihasilkan dari transformator dan lewat rangkaian doubler kemudian dihasilkan tegangan DC yang besarnya 2X dari tegangan AC yang merupakan inputnya.

Pada posting kali ini tegangan yang akan di-double (digandakan) adalah tegangan DC. Karena pada prinsipnya penggandaan tegangan hanya bias dilakukan pada tegangan AC maka mula-mula tegangan DC dirubah dahulu menjadi tegangan AC.



Rangkaian digital yang dibangun dari IC inverter (Not) 4049, dirangkai untuk membentuk sebuah AMV (astable multivibrator) dan satu bagian rangkaian buffer (penguat daya). Rangkaian digital ini akan menghasilkan tegangan AC yang kemudian diberikan ke rangkaian voltage doubler.

Output dari rangkaian ini hanya dapat mencatu rangkaian yang membutuhkan arus kecil saja (max 15mA saja). Untuk rangkaian yang butuh arus lebih besar, dibutuhkan tambahan transistor berdaya besar setelah rangkaian digital.

Berikut ini rangkaian selengkapnya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian rangkaian Voltage Doubler yang dibangun dengan komponen inti IC digital. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar