06 Oktober 2019

Mengenal AGV (Automated Guided Vehicle), Kendaraan Otomatik Pada Sektor Industri – Part 3 (Sensor)

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 6 Okt 2019 | Posting kali ini melanjutkan posting sehari sebelumnya yang menjelaskan mengenai pengenalan AGV pada dunia industri.

Penggunaan AGV cepat menjadi populer karena dalam dunia industri proses pemindahan material dari satu lokasi ke lokasi lain adalah bagian yang tidak terpisahkan.

Kali ini Niguru.com akan menjelaskan mengenai sensor-sensor yang dipasang pada AGV.


1. Magnetic Track Navigation Sensor: Digunakan pada AGV yang navigasi pergerakannya dipandu dengan magnetic track (jalur magnetik). Sensor ini dipasang agar AGV dapat mengenali keberadaan magnetic track, sehingga AGV dapat bergerak menyusuri magnetic track.


www.niguru.com

www.niguru.com


2. Obstacle Detection Sensor: Digunakan untuk mengetahui keberadaan obyek yang berada pada jalur gerakan AGV. Tujuan dari pemasangan sensor ini agar AGV tidak menabrak obyek yang berada dihadapannya.

www.niguru.com

www.niguru.com


3. Safety Bumper: Ini sensor yang tergolong sederhana, terdiri dari material yang dipasangkan sebagai bemper dari AGV yang apabila menabrak suatu obyek akan menekan sebuah saklar (limit switch) yang akan menghentikan gerak AGV.

www.niguru.com

www.niguru.com


4. Laser Reflection Detector: Digunakan pada AGV tipe TRACKLESS ( = tipe yang tidak menggunakan magnetic track sebagai navigasinya). Sensor laser ini akan membaca pantulan dari reflektor yang dipasangkan dibeberapa lokasi pada rute yang akan dilalui AGV.

www.niguru.com

www.niguru.com


5. Industrial Vision: Dipergunakan juga pada AGV Trackless, sensor ini akan merekam setiap perjalanan yang akan dilaluinya dari lokasi awal hingga lokasi tujuan, atau lokasi dari satu point tujuan ke point tujuan berikutnya.

www.niguru.com

www.niguru.com


6. Natural Laser Distance Sensor: Ini adalah tipe navigasi yang juga trackless, dan tidak memerlukan reflektor, tidak pula memerlukan perekaman rute perjalanan. Sensor ini bekerja dengan mengukur jarak antara AGV dengan setiap obyek dihadapannya.

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah sebagian penjelasan mengenai AGV, artikel pada posting ini bersambung pada posting berikutnya.

Semoga penjelasan pada posting ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian.
Selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)


www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...