03 November 2019

Inilah Rangkaian Electronic Fuse Untuk Daya AC

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 3 Nov 2019 | Setelah publikasi posting sehari sebelumnya tentang Electronic Fuse (rangkaian sekering yang bekerja secara elektronik), ada beberapa pembaca yang menanyakan tentang rangkaian Electronic Fuse yang dapat digunakan pada rangkaian yang menggunakan daya AC.

Maka pada posting kali ini Niguru.com membagikan rangkaian Electronic Fuse yang dapat digunakan untuk rangkaian yang bekerja pada sumber daya AC.



Keunggulan dari rangkaian Electronic Fuse dibandingkan dengan Mechanical Fuse adalah tersedianya peluang untuk pengembangan lebih jauh pada system control yang lebih luas dan sudah terkoneksi dengan aplikasi yang terkendali komputer.

Berikut ini rangkaiannya:

www.niguru.com


Daya listrik dengan tegangan 220V diberikan ke konektor CON1. Dan arus akan mengalir ke konektor CON2 melalui R2 dan Q2 yang ON setelah mendapatkan trigger lewat dioda D2 yang mendapatkan tegangan (-) dari power supply 6V.
Arus maksimum untuk rangkaian ini diatur sebesar 2A saja, dan bisa dimodifikasi untuk arus yang lebih besar dengan mengganti R2 dan Q2.

Dalam kondisi normal, VR2 (tegangan jatuh pada R2) tidak cukup untuk membuat Q1 = ON, karena arus masih dibawah 2A, sehingga VR2 kurang dari 0,6V.

Saat arus yang ditarik oleh beban lebih besar dari 2A atau saat terjadi hubung singkat pada beban, maka VR2 akan lebih besar dari 0,6V, sehingga memberikan tegangan trigger yang cukup untuk membuat Q1 = ON.

Saat Q1 = ON maka Q2 = OFF karena tegangan antara Gate dan Anoda terhubung singkat oleh Q1. Kondisi ini akan bertahan seterusnya.

Untuk membuat Q1 kembali OFF dan Q2 = ON, maka Sw1 harus ditekan. Tentunya hal ini harus dilakukan setelah perbaikan pada beban sudah dilakukan.

Demikianlah rangkaian Electronic Fuse, untuk sumber daya AC.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar