02 November 2019

Inilah Rangkaian Electronic Fuse, Yang Dapat Mengamankan Power Supply

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 2 Nov 2019 | Pada rangkaian elektronika, bagian power supply merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan, karena komponen yang ada didalamnya bekerja dengan arus yang lebih besar dibandingkan komponen pada bagian lainnya.

Biasanya untuk mengamankan power supply dari kerusakan digunakan fuse (sekering), yang akan terputus (= rusak) bila terjadi hubung singkat atau kelebihan arus pada beban.



Pada posting kali ini Niguru,com akan membagikan rangkaian Electronic Fuse, yang dapat berfungsi sebagai pengganti fuse, tanpa perlu penggantian fuse apabila terjadi hubung singkat atau kelebihan arus pada beban.

Berikut ini rangkaiannya:


www.niguru.com

Tegangan input dari rangkaian electronic fuse adalah: 5V .. 24V, dan arus maksimum yang boleh melewati rangkaian ini adalah 3A.

Saat start user harus menekan Sw1 (=ON) untuk membuat beban mendapatkan daya listrik. SCR akan ON  dan arus akan mengalir ke beban melewati R2.

Bila arus beban melebih 3A, maka tegangan jatuh pada R2 akan lebih dari 0,6V. Besarnya tegangan jatuh akan membuat transistor Q1 ON dan arus listrik yang semula lewat Q2 akan beralih lewat Q1, akibatnya Q2 akan OFF.

Bila Q2 OFF, maka Q1 tidak mendapat tegangan bias, maka Q1 OFF.
Beban tidak akan mendapatkan daya listrik sampai Sw1 ditekan kembali.

Demikianlah rangkaian dan penjelasan mengenai rangkaian electronic fuse.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar