22 November 2019

Menempatkan Library Skematik Dan PCB Sebagai Default Library Pada Aplikasi Protel Altium DXP 2002 /2004

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 22 Nov 2019 | Untuk membuat layout PCB atau merancang skema dari rangkaian elektronika, diperlukan library yang berisi daftar komponen. Karena meskipun komponen pada lembar kerja skematik dapat saja digambar dengan menggunakan berbagai shape (kurva yang tersedia pada menu), namun tanpa library tidak ada footprint yang menghubungkan antara komponen pada skema dengan layout komponen pada PCB.

Protel Altium DXP memberikan 3 pilihan untuk menempatkan library, yaitu:
1. Library sebagai default application. Artinya library akan aktif (terhubung) begitu aplikasi dijalankan, apapun project yang sedang dibuka oleh user
2. Sebagai Project Library. Artinya library ini hanya akan aktif bila suatu project tertentu dibuka oleh user. Dan library akan non aktif setelah project tersebut ditutup oleh user.
3. Sebagai Schematic Library. Artinya library ini hanya akan aktif bila suatu file dari skema rangkaian elektronik tertentu dibuka oleh user. Dan akan non aktif setelah skema ditutup oleh user.



Niguru.com memilih menggunakan opsi 1 untuk hampir semua project dan schematic yang digunakan, karena menurut Niguru.com ini adalah cara yang paling praktis, karena user tidak perlu mengingat lagi, library apa yang sedang terkoneksi dengan file yang sedang dibuka.

Berikut ini langkah-langkah untuk menambahkan library yang akan berfungsi sebagai default application library untuk Protel Altium DXP 2002 atau untuk Protel Altium DXP 2004 (cara yang sama dapat digunakan untuk kedua aplikas tersebut):

Jalankan aplikasi Protel Altium DXP 2002 /2004 (PADXP):

www.niguru.com


Buka file skematik (boleh apa saja, bahkan file kosong juga boleh) > klik menu > Design > Add /Remove Library:

www.niguru.com


Setelah muncul library window, klik Libraries:

www.niguru.com


1. Klik tab Installed
2. Klik Install

www.niguru.com


1. Select /pilih seluruh file library yang diperlukan
2. Klik Open

www.niguru.com


Bila langkah diatas dilakukan dengan benar, maka library akan tampil pada daftar “Installed”. Klik Close:

www.niguru.com



Uji keberadaan library dengan:
1. Klik icon Place Part
2. Klik [...] (= browse)

Dan hasilnya akan tampil window Browse Libraries.



Bila window Browse Libraries berhasil ditampilkan berarti proses install untuk menambahkan library secara application default sudah berhasil dilakukan.

Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...